DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI SUMATERA UTARA DIDIRIKAN BERDASARKAN :

  1. Undang-undang no. 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan sebagaimana telah dirubah dengan uu no. 24 tahun 2013 tentang Perubahan undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.
  2. Undang-undang no. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah daerah sebagaimana telah dirubah keduakalinya dengan undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.
  3. PP No. 18 TAHUN 2016 TENTANG PERANGKAT DAERAH;
  4. PERATURAN DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA NO. 6 TAHUN 2016 TENTANG PEMBENTUKAN DAN SUSUNAN PERANGKAT DAERAH;
  5. PERATURAN GUBERNUR SUMATERA UTARA NO. 38 TAHUN 2016 TENTANG SUSUNAN ORGANISASI Dinas-DINAS DAERAH PROVINSI SUMATERA UTARA (Berita daerah PROVINSI SUMATERA UTARA tahun 2016 nomor 39) sebagaimana telah diubah dengan peraturan gubernur nomor 14 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan gubernur nomor 38 tahun 2016 tentang susunan organisasi dinas-dinas daerah provinsi sumatera utara (berita daerah provinsi sumatera utara tahun 2017 nomor 4);
  6. PERATURAN GUBERNUR SUMATERA UTARA NOMOR 63 TAHUN 2017, TANGGAL 21 JULI 2017, TENTANG TUGAS, FUNGSI, URAIAN TUGAS DAN TATA KERJA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI SUMATERA UTARA.