RAPAT KOORDINASI DAFTAR PEMILIH TAMBAHAN (DPTB)

   Kategori : Kegiatan

Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang dilaksanakan di Wing Hotel Kualanamu pada 7-8 Maret bertujuan untuk mempersiapkan Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan Kedua (DPTb-2) KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara. Rapat ini diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut sebagai tindak lanjut pasca mengikuti Rapat Koordinasi DPTb I dan Rekapitulasi DPTb I tingkat Nasional serta untuk mengkoordinasikan tindak lanjut Rekapitulasi DPTb Tahap II.

Dalam rapat koordinasi ini, kepala dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil sumatera Utara menjelaskan mengenai kepemilikan KTP-el bagi warga negara asing, dan mengenai progres Perekaman Serentak yang diadakan di Lapas/ Rutan se-Sumatera Utara.

Berdasarkan isi dari Undang-undang Nomor 24 tahun 2013 tentang adminstrasi kependudukan pada pasal 63 menyebutkan tentang kepemilikan KTP-el warga negara asing

  1. Penduduk Warga Negara Indonesia dan Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki KTP-el.
  2. KTP-el sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku secara nasional.
  3. Orang Asing sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib melaporkan perpanjangan masa berlaku atau mengganti KTP-el kepada Instansi Pelaksana paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal masa berlaku Izin Tinggal Tetap berakhir.
  4. Penduduk yang telah memiliki KTP-el wajib membawanya pada saat bepergian.
  5. Penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya memiliki 1 (satu) KTP-el.

“Undang-undang kepemilikan ktp-el warga negara asing terdapat pada undang-undang 24 tahun 2013 pasal 63 ayat 1, dimana Penduduk Warga Negara Indonesia dan Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Tetap yang telah berumur 17 (tujuh belas) tahun atau telah kawin atau pernah kawin wajib memiliki KTP-el. Pada ayat ini jelas bahwa WNA yang sudah sudah memiliki izin tinggal tetap berumur 17 tahun wajib memiliki KTP” Ujar Dr. Drs. M. Ismael P. Sinaga, M.Si selaku kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara.

Selain membahas mengenai kepemilikan KTp-el bagi Warga Negara Asing, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga membahas mengenai progres Perekaman Serentak yang dilaksanakan di Lapas/ Rutan.

“Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Kabupaten/Kota sejauh ini melaksanakan perekaman serentak di Lapas/Rutan sebaik mungkin, laporan sampai 07 Februari 2019 dimana WBP berjumlah 33.635 orang, yang berhak memilih berjumlah 32.685 orang, yang sudah dilakukan perekaman KTP-el dan DPT berjumlah 17.822 orang, dan perekaman serentak akan dilaksanakan hingga menjelang Pemilihan Umum 17 April 2019, Dinas Kependudukan daan Pencatatan Sipil akan melakukan perekaman serentak secara maksimal untuk mendukung suksesnya pemilu 2019” lanjut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara di Wing Hotel Kualanamu.


  INFO TERKAIT