PLT. KADIS DUKCAPIL UNDANG PIMPINAN YAYASAN PERDULI PEMULUNG SEJAHTERA

   Kategori : Umum

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Yanuarlin, SE,M.Si mengundang Pimpinan Yayasan Peduli Pemulung Sejahtera Uba Pasaribu ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara untuk berdiskusi terkait Dokumen Data Kependudukan Pemulung,Rabu (14/4/2021).

 

Dalam kunjungan tersebut, Uba Pasaribu menyampaikan kesulitan yang dialami dalam pengurusan dokumen kependudukan yang sebelumnya belum memiliki dokumen kependudukan. Uba Pasaribu menjelaskan bahwa masih banyak anggotanya yang bernaung di bawah yayasan Peduli Pemulung Sejahtera yang hingga saat ini belum memiliki dokumen kependudukan. Oleh karenanya, warga yang membutuhkan pertolongan dari pemerintah tidak dapat dilayani karena tidak mempunyai dokumen kependudukan. Sebagai contoh,  ada warga yang sedang sakit, namun karena tidak memiliki dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga dan KTP-El, akhirnya tidak dapat dibantu oleh pemerintah.

 

Uba Pasaribu juga berharap bisa membuat Kerjasama (MoU) dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara untuk mempermudah pengurusan dokumen kependudukan para pemulung. Menjawab keluhan Uba Pasaribu, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara berjanji akan menjembatani dan memfasilitasi pengurusan dokumen kependudukan para pemulung seperti Kartu Keluarga dan KTP-El dan Administrasi Kependudukan lainnya dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara sebagai instansi pelaksana, sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan mengurus dokumen kependudukan.

 

Diakhir diskusi, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara dan Pimpinan Yayasan Peduli Pemulung Sejahtera berkomitmen untuk saling membantu sehingga hak masyarakat dalam dokumen kependudukan dapat terpenuhi. Yayasan dapat membantu pendataan dan sosialisasi Administrasi Kependudukan kepada para pemulung dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat memfasilitasinya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota sebagai instansi pelaksana yang menerbitkan segala dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

 


  INFO TERKAIT