Sabtu, 19 Januari 2019, WIB
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL SUMATERA UTARA


PERTEMUAN KOMINFO SE-SUMUT, SEMUA LININGSEKTOR HARUS DUKUNG MTQ NASIONAL

Kategori : Seputar Sumut

Medan, Rapat koordinasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota, Digedung Bina Graha Pemprovsu (6/8/2018).

Setelah dilantiknya Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara Bapak Dr. Drs. M. Ismael Parenus Sinaga M.Si pada tanggal 13 Juli 2018 beliau mengadakan rapat koordinasi dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Se-Sumatera Utara pada tanggal 6 Agustus 2018.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Seluruh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota, dimana pembicara dalam acara ini adalah Bapak Dr. Drs. M. Ismael Parenus Sinaga, M.Si (Selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara) dan Bapak Parlindungan Purba, SH, MM ( Selaku Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia(DPD-RI)) dan turut hadir Bapak Drs. H. Ahmad Zaki, M.AP (Selaku Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara) serta seluruh Kepala Bidang dan Staff Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara.

Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan yang profesional dengan memenuhi standar Teknologi Informasi, dinamis, tertib dan tidak diskriminatif, dan sebagai sarana pembinaan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara  terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara untuk melaksanakan kebijakan dari Pemerintah Pusat.

Rapat koordinasi tersebut membahas beberapa permasalahan, diantaranya rendahnya cakupan perekaman KTP-el di Sumatera Utara, rendahnya cakupan kepemilikan akte kelahiran anak usia     0-18 tahun, dan masih minimnya Kabupaten/Kota yang melaksanakan pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), sehingga diharapkan peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota untuk menggelar aksi "Jemput Bola" untuk meningkatkan cakupan perekaman KTP-el, cakupan akte kelahiran anak usia 0-18 tahun, dan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota dapat mencapai target yang telah ditentukan sehingga setiap anak, baik anak terlantar, anak yatim dan anak panti asuhan mendapatkan hak dalam kepemilikan dokumen kependudukan.

Dalam rangka peningkatan kesadaran masyarakat dan aparatur dalam administrasi kependudukan akan diselenggarakan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dengan melibatkan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota dalam kegiatan GISA skala Provinsi maupun skala Kabupaten/Kota, untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan yang baik dan benar.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Bapak Parlindungan Purba, SH, MM.(( Selaku Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia(DPD-RI)) mengatakan akan selalu mendukung kegiatan yang berkaitan dengan Administrasi Kependudukan guna meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan dan memberikan hak yang memang seharusnya dimiliki masyarakat.


  INFO TERKAIT