PERSENTASI KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DINAS DUKCAPIL PROVINSI SUMATERA UTARA KEPADA KOMISI INFORMASI PROVINSI SUMATERA UTARA

   Kategori : Seputar Dinas Disdukcapil Sumut

Medan- Pl Sekertaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara Drs. Edi Sampurna Rambe, M.Si mewakili Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara menyambut Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumatera Utara  serta melakukan persentasi tentang Keterbukaan Informasi Publik Disdukcapil Provsu di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara Jln. Iskandar Muda No.272 Medan pada hari Rabu (18/9) untuk menindaklanjuti hasil persentase Kepala Dinas Dukcapil Provsu sewaktu memberikan paparan di KIP.

Rombongan Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara yang di pimpin oleh Ketua KIP Sumatera Utara Drs. Robinson Simbolon dan hadiri seluruh Komisioner.  Robinson mengatakan kegiatan ini merupakan tahap ke tiga (3) yang dilakukan KIP Sumatera Utara. Dari 41 OPD Provsu yang mengikuti Visitasi, 39 OPD yang yang mengembalikan dan memaparkan Visitasi. Dari 39 OPD tersebut, 16 OPD masuk dalam kategori terbaik dimana  Disdukcapil masuk menjadi salah satunya. 

Dalam penjelasannya, Edi mengatakan Dinas Dukcapil Provsu sudah memanfaatkan media sosial dan website dalam menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah guna membangun kepercayaan publik dan menjaga citra dan reputasi pemerintah. Edi juga menjelaskan kepada KIP bahwa Dinas Dukcapil Provsu sudah mempunyai Inovasi yaitu membuat aplikasi seperti SKPWNI Online. Jadi dengan Aplikasi ini, kedepannya masyarakat tidak perlu lagi pergi ke kantor Camat dan mengantri untuk pengurusan SKPWNI. 

Rombongan juga melakukan peninjauan langsung ke ruang Galery Dinas Dukcapil Provsu untuk melihat langsung pelayanan informasi yang ada di Dinas Dukcapil Provsu ini. Setelah meninjau langsung, Robinson memberikan masukkan kepada Edi yang mewakili kepala Dinas Dukcapil agar membentuk Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) dengan ruangan tersendiri  dilengkapi meja, kursi dan fasilitas penunjang lainnya serta pejabat PPID. PPID ini berfungsi sebagai pengelola dan penyampaian informasi kepada yang memerlukan sesuai Undang-Undang no 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Jadi kedepannya Dinas Dukcapil Provsu diharapkan membentuk PPID agar masyarakat dapat mudah mendapatkan informasi secara baik. Karena sangat banyak informasi penting yang tidak boleh diberikan secara sembarangan kepada publik. Mengakhiri kunjungan, dinas Dukcapil Provsu memberikan cinderamata berupa Ulos yang disematkan kepada Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara. #DisdukcapilProvsuBisa


  INFO TERKAIT