PENANDATANGANAN PKS PEMANFAATAN DATA KEPENDUDUKAN

   Kategori : Umum

Kamis, 05 Agustus 2021, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP mengadakan Kegiatan Penandatanganan Kerjasama (PKS) Pemanfaatan Data Kependudukan dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara, M.Ihsan, S.STP,MAP selaku Kabid. Fakir Miskin dan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara, Muklis M.Lubis di ruang rapat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Dra. Manna Wasalwa Lubis,MAP didampingi oleh Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Yanuarlin Lubis, Se,M.Si, Kepala Bidang Kelembagaan Sekaligus Ketua Penyelenggara, Eva Imelda Situmeang, SH,MSP, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Dra.Diah Ananda,Kepala Bidang Fasilitasi Pencatatan Sipil, Drs.Eko Irawan, Para Kepala Seksi dan Staf Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara.

 

Membuka pertemuan, Dra.Manna Wasalwa Lubis, MAP menjelaskan tujuan Pemanfaatan Data Kependudukan yaitu untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan yang didukung oleh Inovasi Berbasis Teknologi Informasi. Selain itu, Dra.Manna Wasalwa Lubis, MAP juga menjelaskan manfaat Pemanfaatan  Data Kependudukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Pasal 58 Ayat 4, yaitu:

1.  Pelayanan Publik;

2.  Perencanaan Pembangunan;

3.  Alokasi Anggaran;

4.  Pembangunan Demokrasi; dan

5.  Penegakan Hukum Dan Pencegahan Kriminal

 

Dra.Manna Wasalwa Lubis, MAP juga menambahkan bahwa saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara sudah Melaksanakan Implementasi dengan 4 (Empat) OPD di Sumatera Utara yaitu Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Rsu. Haji Medan, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumatera Utara, 2 (Dua) Lembaga Pengguna Berbadan Hukum yaitu Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dan PT. Perkebunan Nusantara IV, dan 3 (Tiga) OPD Sudah Mendapatkan Persetujuan User Id dan Password yaitu Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara dan Rs. Jiwa Prof.Dr. M. Ildrem, serta 3 (Tiga) OPD  sedang dalam Persetujuan Pemanfaatan Data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

 

Dra. Manna Wasalwa, MAP berharap kedepannya OPD dan Lembaga Pengguna Berbadan Hukum yang sudah melaksanakan Implentasi Pemanfaatan Data bisa bertambah dari sebelumnya, agar kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan se Sumatera Utara bisa lebih baik lagi, sehingga Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dapat memudahkan masyarakat dalam proses pengurusan Admnistrasi Kependudukan di Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Menutup kegiatan, dilakukan  penandatanganan Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan dengan  Dinas Sosial  Provinsi  Sumatera Utara dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara.


  INFO TERKAIT