KUNJUNGAN KERJA DPRD DAPIL 1 PROVINSI SUMATERA UTARA KE DISDUKCAPIL PROVSU

   Kategori : Umum

Dalam rangka untuk mengetahui pelayanan Administrasi Kependudukan di Dapil 1 (Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Medan dan Kota Tebing Tinggi), DPRD Provinsi Sumatera Utara yang berasal dari Dapil 1 melakukan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara. Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Yanuarlin Lubis, SE, M.Si mewakili Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara menerima kunjungan kerja DPRD Dapil 1 Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh Rudi Hermanto pada hari Jumat Tanggal 11 Juni 2021 di Ruang Rapat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara. Mengawali pertemuan, Yanuarlin menjelaskan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, pada hakikatnya mempunyai tugas untuk:

  1. Memastikan pelayanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten/Kota berjalan dengan baik;
  2. Menyediakan Data Kependudukan skala Provinsi;
  3. Mendorong Pemanfaatan Data Kependudukan dalam pelayanan publik.

 

Dalam kunjungannya, Rudi Hermanto mempertanyakan terkait penggunaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, Rudi Hermanto juga menyarankan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara untuk melebihkan penyediaan mesin ADM di tempat-tempat publik seperti pusat perbelanjaan (mall) agar memberikan inovasi publik dan proses pengaksesan dokumen kependudukan bisa lebih canggih lagi kedepannya.

 

Menjawab Pertanyaan anggota DPRD Dapil 1 Provinsi Sumatera Utara, Yanuarlin menjelaskan bahwa pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara tidak tersedia mesin ADM, namun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara telah menghibahkan 1 (satu) unit mesin ADM ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan guna memudahkan dan mempercepat pelayanan Administrasi Kepedudukan di Kota Medan. Selain itu, Yanuarlin menyampaikan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara belum bisa menyediakan mesin ADM di setiap Kabupaten/Kota karena keterbatasan anggaran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara. Namun kedepannya dengan dukungan anggaran dari DPRD Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara akan menyediakan mesin ADM di 33 Kabupaten/Kota  untuk memudahkan masyarakat membuat dokumen kependudukan tanpa harus mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

 

Diakhir kunjungan, Yanuarlin menyerahkan buku DAK Sumatera Utara semester II Tahun 2020 kepada Heru Hermanto. Selesai melakukan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, rombongan DPRD Dapil 1 Provinsi Sumatera Utara melanjutkan kunjungan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan di dampingi Yanuarlin bersama staf lainnya. Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan, Rudi Hermanto beserta rombongan diterima oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan, Dr. Drs. Zulkarnaen, M.Si di ruang kerjanya (Jumat, 11 Juni 2021).

 

Dalam pertemuan tersebut, Heru Hermanto menyampaikan bahwa DPRD Dapil 1 Provinsi Sumatera Utara ingin melakukan peninjauan terhadap pelayanan Administrasi Kependudukan yang menggunakan mesin ADM di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan. Menanggapi tujuan kunjungan kerja tersebut, Zulkarnaen mengajak Heru Hermanto yang didampingi oleh Yanuarlin untuk melihat pelayanan dokumen kependudukan menggunakan mesin ADM yang terletak di Lantai 1 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan. Zulkarnaen juga menjelaskan bahwa dengan adanya ADM, pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan semakin mudah, cepat, gratis, berstandart sama tanpa diskriminasi dan online. Zulkarnaen juga menambahkan, melalui ADM masyarakat bisa mencetak sendiri KTP-El, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Akta Kematian.

 

Dalam peninjauannya, Heru Hermanto melihat masyarakat yang sedang mengakses dokumen kependudukan menggunakan mesin ADM. Dan Heru Hermanto bertanya kepada masyarakat yang sedang mengakses dokumen kependudukannya menggunakan mesin ADM. Masyarakat  tersebut meyampaikan bahwa banyak keuntungan yang diperoleh dengan adanya ADM antara lain pengurusan secara online lebih mudah, cepat dan terhindar dari pungutan liar (pungli).

 

Menutup kunjungan tersebut, Heru Hermanto mengucapkan terima kasih kepada Zulkarnaen dan Yanuarlin yang telah bersedia mendampingi rombongan DPRD Dapil 1 Provinsi Sumatera Utara melakukan peninjauan pelayanan dokumen kependudukan menggunakan ADM pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan dan akan mendorong anggaran penyediaan ADM di DPRD Provinsi Sumatera Utara.

 


  INFO TERKAIT