KEPALA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI SUMATERA UTARA MEMPRAKTEKAN CARA PENGGUNAAN CARD READER KTP-EL

   Kategori : Program Kerja Umum

Pemanfaatan card reader (alat pembaca) KTP-el dalam layanan publik kepada masyarakat sudah menjadi keharusan bagi setiap lembaga pengguna, baik lembaga pemerintah maupun swasta.
Selain untuk efektif dan efisien pelayanan, juga untuk memaksimalkan fungsi KTP-el sebagai identitas tunggal penduduk yang bersifat elektronik, yang bisa dimanfaatkan untuk semua keperluan

Seluruh instansi pemerintah, pemerintah daerah, lembaga perbankan, dan swasta yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, wajib menyediakan card reader KTP-el.
Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam pasal 10 c ayat (1) dan (2) Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2011.
Dengan menggunakan Card Reader, maka Fotocopy KTP-el tidak diperlukan lagi untuk digunakan sebagai lampiran persyaratan.
Begitupun halnya jika ada warga yang mengurus dokumen tidak perlu lagi mengisi buku tamu.
Bahkan layanan terpadu di Kabupaten/Kota, menurutnya, semuanya sudah harus menggunakan alat pembaca KTP-el (card reader). Dimulai dari proses pembuatan sampai pembayaran dapat dilakukan secara online dengan basis data KTP-el.
Dalam pasal 58 (4) Undang-undang Adminduk, layanan publik merupakan bagian dari pemanfaatan data yang menjadi prioritas Dukcapil dalam pelayanan kepada masyarakat.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara mengibahkan Card Reader ke 33 Kabupaten Kota se-Sumatera Utara, dalam acara Sosialisasi dan Bimtek Penggunnaan Card Reader bagi aparat Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota langsung mempraktekan cara pemakaian Card Reader.

“ Saya berharap seluruh Kabupaten/Kota dapat merawat dan menggunakan card reader dengan baik, dan seluruh SDM diharapakn mampu menggunakan Card Reader sehingga seluruh SDM kabupaten Kota mampu menggunakan alat dengan baik” kata Dr. Drs. M. Ismael P. Sinaga, M.Si selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota


  INFO TERKAIT