GUBERNUR SUMATERA UTARA MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE KABUPATEN PADANG LAWAS DAN PADANG LAWAS UTARA

   Kategori : Umum

Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Padang Lawas didampingi Ketua Tp. PKK Provinsi Sumatera Utara, Nyonya Nawal Lubis, pada hari Senin, Tanggal 14 Juni 2021. Edi Rahmayadi beserta rombongan tiba di Hotel Syamsiah, Pasar Sibuhuan pada pukul 16.00 wib.

 

Kedatangan Edi Rahmayadi bersama rombongan disambut oleh Wakil Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si., didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas, Arpan Nasution S.Sos., Ketua DPRD Palas  Amran  Pikal  Siregar dan sejumlah Anggota Dewan serta sejumlah Pimpinan OPD sejajaran Pemerintah Kabupaten Padang Lawas.

 

Pada hari Selasa, Tanggal 15 Juni 2021, Edi Rahmayadi beserta rombongan melakukan peninjauan sekaligus meresmikan Instalasi Pembibitan Ternak Sapi potong di Desa Tanjung Beringin Simarulak, Kecamatan Barumun Selatan, peninjauan jalan tembus Palas-Pasaman, serta Ground Breaking Jembatan Aek Hulim di Kecamatan Sosopan. Kedatangan Edi Rahmayadi merupakan bagian dari kunjungan kerja ke Kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Induk Tapanuli Selatan.

 

Dalam kunjungan ke Kabupaten Padang Lawas, Edi Rahmayadi berkesempatan menyerahkan 1 set alat rekam KTP-el kepada Wakil Bupati Padang Lawas didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP dan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera, Yanuarlin Lubis, SE, M.Si.

 

Wakil Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si., sangat mengapresiasi pemberian alat rekam KTP-el di  Kabupaten  Padang Lawas dan mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP. Di akhir kegiatan, Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP menyampaikan dengan pemberian alat rekam KTP-el ini,  kedepannya bisa berguna untuk membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Lawas mengejar target nasional perekaman KTP-el dan juga memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan yang membahagiakan masyarakat.

 

Selanjutnya, usai kegiatan di Kabupaten Padang Lawas, Edi Rahmayadi dan Dra. Manna Wasalwa Lubis,MAP beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Padang Lawas Utara, pada hari Rabu, Tanggal 16 Juni 2021. Kedatangan Edi Rahmayadi ke Kantor Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara disambut oleh Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap beserta jajaran bersama Forkopindo Kabupaten Padang Lawas. Di awal Sambutan, Edi Rahmayadi menyinggung terkait situasi dan fenomena serta penanganan Covid-19 di Sumatera Utara. Edi Rahmayadi menyampaikan himbauan dalam menghadapi musibah Pandemi covid-19 saat ini, Edi Rahmayadi meminta agar lokasi-lokasi judidan tempat-tempat maksiat ditutup serta mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mendekatkan diri serta menambah ketaqwaan terhadap Allah Subhanawata’ala, Tuhan Yang Maha Esa. 

 

Selain itu, Edi Rahmayadi memuji Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara yang tidak melaksanakan kegiatan Bimtek bagi Kepala Desa untuk keluar daerah. Menutup sambutan, Edi Rahmayadi berpesan untuk terus mematuhi Protokol Kesehatan yang telah diterapkan pemerintah yaitu Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Selanjutnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP menyampaikan penjelasan manfaat KIA bagi Anak-anak usia 0-17 Tahun, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  1. Digunakan untuk persyaratan mendaftar sekolah;
  2. Digunakan sebagai syarat mengurus perbankan yaitu ketika anak ingin memiliki tabungan sendiri;
  3. Digunakan sebagai syarat mendaftar BPJS;
  4. Digunakan dalam pengurusan imigrasi;dan
  5. Digunakan untuk mengurus klaim asuransi. Hal ini dalam kasus jika si anak mengalami kecelakaan dan meninggal dunia, KIA adalah alat untuk mengidentifikasi dan juga mengurus klaim kesehatan. 

 

Dengan memberikan penjelasan terkait manfaat KIA tersebut, Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP berharap agar anak-anak di Kabupaten Padang Lawas yang berusia 0-17 Tahun sudah memiliki KIA sebagai Identitas diri  sebagai  warga negara Indonesia serta dengan penyerahan alat rekam KTP-el bisa memudahkan masyarakat dalam pengurusan Administrasi kependudukan dan di Kabupaten Padang Lawas Utara.

 

Menutup sambutan, Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP menyampaikan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan menyerahkan 5000 keping blanko KIA kepada Bupati Padang Lawas Andar Amin Harahap secara simbolis yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi kepada anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Padang Lawas Utara.

 

 

 


  INFO TERKAIT