DISDUKCAPIL PROVSU MELAKUKAN AUDIENSI DENGAN DISKOMINFO PROVSU

   Kategori : Umum

          Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara Yanuarlin, SE, M.Si didampingi oleh Kepala Bidang Kelembagaan, Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan dan Kasi. Fasilitasi Sarana dan Prasarana PIAK dan Bina ADB melakukan audiensi ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara terkait Penyajian dan Pemanfaatan Data Kependudukan, Rabu (21/4/2021).

 

           Rombongan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara diterima oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara H.M.Ayub, SE di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara. Dalam pertemuan tersebut, Yanuarlin menyampaikan paparan terkait Pemanfaatan Data Kependudukan Sumatera Utara. Yanuarlin menjelaskan pemerintah dalam penyajian data kependudukan secara berjenjang mulai dari Pemerintah Pusat berkewajiban untuk melakukan pengelolaan dan penyajian data kependudukan berskala nasional (UU No. 23 Tahun 2006 pasal 5 huruf e), Pemerintah Provinsi berkewajiban untuk melakukan pengelolaan dan penyajian data kependudukan berskala Provinsi (UU No. 23 Tahun 2006 pasal 6 huruf d), dan Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban untuk melakukan pengelolaan dan penyajian data kependudukan berskala Kabupaten/Kota (UU No. 23 Tahun 2006 pasal 7 huruf g).

 

          Yanuarlin juga meminta bantuan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara untuk menyediakan jaringan VPN IP bagi OPD Provinsi Sumatera Utara yang ingin segera mengimplementasikan pemanfaatan data kependudukan, mengingat kendala implementasi pemanfaatan data belum dapat terlaksana disebabkan tidak ada anggaran di OPD dalam penyediaan jaringan VPN IP tertutup. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara juga meminta Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara untuk mempublikasikan data kependudukan Provinsi Sumatera Utara yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara sebagai data yang dipergunakan untuk semua keperluan sesuai dengan Pasal 58 ayat 4 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Administrasi Kependudukan.

 

          Menjawab permintaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menyampaikan bahwa OPD pemakai jaringan VPN IP masih sedikit, sementara anggarannya cukup besar. Oleh karena itu, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menyarankan untuk sementara agar masing-masing OPD menganggarkannya di OPD masing-masing. Terkait publikasi data kependudukan, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara menyanggupi dan akan menyediakan fasilitas bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara untuk mempublikasikan data kependudukan Provinsi Sumatera Utara.

 

          Di akhir kunjungan, Yanuarlin menyerahkan buku Data Agregat Kependudukan (DAK) semester II Tahun 2020 kepada Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara.


  INFO TERKAIT