DINAS DUKCAPIL PROVSU MENGADAKAN RAPAT TEKNIS BINA APARATUR PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA TAHUN 2021

   Kategori : Umum

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara mengadakan Rapat Teknis Bina Aparatur Kependudukan dan Pencatatan Sipil TA. 2021 yang diselenggarakan pada hari Selasa, 06 Juli s/d Rabu, 07 Juli 2021 di Hotel Emerald Garden Medan. Rapat Teknis dibuka secara resmi  oleh Pj. Sekretaris Daerah Sumatera Utara, H. Afifi Lubis, SH dan dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Dra. Manna Wasalwa Lubis,MAP, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatatan Sipil Kabupaten/Kota, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Yanuarlin Lubis, SE, M.Si, Para Pejabat Eselon III dan IV serta seluruh Staf Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara, Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP selaku ketua penyelenggaraan menyampaikan laporan penyelenggara dan sekaligus meminta kepada Pj. Sekretaris Daerah Sumatera Utara, H. Afifi Lubis, SH untuk membuka secara resmi kegiatan rapat teknis Bina Aparatur Kependudukan dan Pencatatan Sipil TA. 2021. Sebagai tambahan acara, Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP menyampaikan bahwa dalam rapat teknis ini juga akan diselenggarakan acara penyerahan penghargaan kepada para purnabakti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Tahun 2021.

 

Dra. Manna Wasalwa Lubis, MAP Menyampaikan bahwa ada 4 (empat) ASN Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara yang telah memasuki masa Purnabakti, yaitu:

 

  1. Sunggul Tampubolon, SE, M.Si selaku Kepala Seksi Fasilitasi Sarana Prasarana PIAK dan Bina ADB;
  2. Ahmadyah Muhaimin, SH selaku Staf Keuangan;
  3. Busatami selaku Staf Sekretariat; dan
  4. Arifin Sianipar, SH selaku Staf Perencanaan.

 

Selanjutnya, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, H. Afifi Lubis, SH memberikan kata sambutan sekaligus membuka rapat teknis Bina Aparatur Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Utara Tahun 2021. Dalam Sambutan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, H.Afifi Lubis, SH menyampaikan selamat kepada para ASN Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara yang sudah mengakhiri masa purnabakti dengan baik, aman, tentram dan sejahtera serta tidak berurusan dengan hal-hal lain terutama hal-hal yang bisa menyeret ke hal-hal yang tidak aman.

 

H. Afifi Lubis, SH menambahkan bersyukurlah bisa sampai ke terminal terakhir dari sebuah pengabdian seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). H. Afifi Lubis, SH juga mengucapkan “selamat jalan dan mudah-mudan nantinya bisa lebih membina kehidupan yang baik ditengah-tengah masyarakat dalam sebuah bentuk adaptasi baru sebagai warga masyarakat. Seorang ASN tidak pernah berakhir pengabdiaannya, pensiun itu hanya berakhir masa kerjanya, tetapi pengabdiaan seorang ASN tidak pernah berakhir, setidak-tidaknya bisa mengabdi kepada keluarga dan ditengah-tengah masyarakat.

 

Selanjutnya, H. Afifi Lubis, SH menyampaikan bahwa baru saja terbit Instruksi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendaliaan penyebaran Virus Covid-19.   Ada 2 (dua) Kota di Provinsi Sumatera Utara yang perlu perhatian menjadi PPKM Mikro yang cukup rapat peningkatan penyebaran covid-19, yaitu:

  1. Kota Medan; dan
  2. Kota Sibolga.

 

Sehingga perlu disikapi terutama terhadap acara-acara seperti saat ini. Salah satunya dengan memberlakukan Work From Office (WFO) 25% dan Work From Home (WFH) 75% dan kemudian jadwal kegiatan masyarakat harus dibatasi. Mengawali pembukaan rapat, H. Afifi Lubis, SH menyampaikan tentunya banyak hal yang perlu dibicarakan. Banyak hal juga yang perlu dilakukan, pembahasan-pembahasan yang diharapkan nantinya akan menambah khasanah berfikir, menambah pengetahuan baru tentang berbagai lingkup yang ada di dalam Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait dengan Kepegawaian Daerah. H. Affifi Lubis, SH berharap kegiatan ini bisa menjadi kegiatan yang benar-benar mampu menjadi pendorong kearah perbaikan kinerja secara menyeluruh. H. Afifi Lubis, SH menjelaskan kalau berbicara terkait Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, hal pertama yang terbayang oleh masyarakat adalah:

  1. KTP-el, Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran;
  2. Pengurusan dokumen Kependudukan yang susah;
  3. Adanya Calo;
  4. Proses pengurusan yang repot.

 

Ke 4 (empat) hal ini selalu menjadi kendala yang dihadapi masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan baik secara internal maupun eksternal dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, dengan diadakannya Rapat Teknis Bina Aparatur Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Utara Tahun 2021 diharapkan mampu memberikan jawaban terhadap berbagai masalah yang muncul dalam pelayanan tersebut. Oleh sebab itu, Direktoraat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri banyak melakukan upaya perbaikan untuk menata kembali Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil seperti membuat apikasi Tiktok, karena Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan unit kerja yang spesifik dalam urusan Administrasi Kependudukan. Menutup sambutannya, H. Afifi Lubis, SH menyampaikan kedepannya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota dapat mengikat kerjasama yang lebih terintegrasi. Karena nantinya, Peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara harus menjadi steering (kemudi) di tengah permasalahan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.

 

H. Afifi Lubis, SH mengharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara bisa saling berdiskusi terkait permasalahan pelayanan dokumen kependudukan yang terjadi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten/Kota. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara dapat membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota yang mengalami permasalahan seperti gangguan perekaman KTP-el, ketidaktersediaan Blanko KTP-el dan KIA. Afifi menyampaikan sebagai Indikator dan Forum Fasilitator Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara diharapkan bisa memberikan jalan keluar, sehingga tidak akan lagi mengalami permasalahan dalam pengurusan dokumen kependudukan. Melalui peran-peran tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara dapat memback-up permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota, sehingga bisa memiliki kesamaan dalam pencapaian target kinerja.

 

Selain itu, H. Afifi Lubis, SH sangat mengapresisasi pelaksanaan Rapat Teknis Bina Aparatur Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sumatera Utara Tahun 2021 yang berjalan lancar tanpa mengabaikan protokol kesehatan yaitu memakai masker dan menjaga jarak. Selanjutnya, dilakukan penayangan Slide show perjalanan para purnabakti di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara sekaligus penyerahan penghargaan berupa karikatur yang diserahkan oleh H.Afifi Lubis,SH didampingi Dra.Manna Wasalwa Lubis,MAP, Yanuarlin Lubis,SE, M.Si, Dra.Diah Ananda dan Kasubbag. Perencanaan, Feberlin Sirait, SE.


  INFO TERKAIT