DINAS DUKCAPIL PROVINSI SUMATERA UTARA GELAR RAPAT PENYUSUNAN LAPORAN HARIAN

   Kategori : BIDANG PENGELOLAAN INFORMASI DAN ADMINISTRASI DAN

Rapat yang dilaksanakan Selasa (22/10) di Hotel Grand Antares jl. Sisingamangaraja No.328 Medan dibuka oleh Drs. Edi Sampurna rambe, M.Si mewakili Kepala Dinas Dukcapil Provsu dan di hadiri oleh Administrator Database (ADB) Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Sumatera Utara selaku Tim Penyusun Laporan Harian Pelayanan Administrasi Kependudukan.

Edi  berharap “melalui rapat penyusunan laporan harian pelayanan administrasi kependudukan ini, peserta dapat mengumpulkan, mengolah dan menganalisis, menyajikan dan menyusun laporan harian pelayanan administrasi kependudukan dan perkembangan kependudukan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara tahun 2019 meliputi pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil”. Didalam laporan harian pelayanan administrasi kependudukan ini dilaporkan perkembangan pendaftaran penduduk meliputi: jumlah penduduk, jumlah penduduk wajib kartu tanda penduduk, jumlah perekaman KTP-el, jumlah kepemilikan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), jumlah penduduk yang pindah datang antar Kabupaten/Kota dan Antar Provinsi untuk menetap dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, jumlah surat keterangan (suket), jumlah kepemilikan kartu keluarga dan sisa blanko KTP-el. Dalam laporan pencatatan sipil dilaporkan perkembangan: jumlah kepemilikan akta kelahiran, jumlah kepemilikan akta kelahiran 0-18 tahun, jumlah akta perkawinan, jumlah pembatalan perkawinan, jumlah akta perceraian, jumlah pembatalan perceraian, jumlah akta kematian, dan jumlah kepemilikan kartu identitas anak (KIA).

Kegiatan rapat penyusunan laporan harian pelayanan administrasi kependudukan Kabupaten/Kota Se Sumatera Utara ini bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah dan menganalisis, menyajikan dan menyusun laporan harian perkembangan pelayanan administrasi kependudukan dan perkembangan kependudukan Kabupaten/Kota Se-Sumatera Utara. Sasaran kegiatan rapat penyusunan laporan harian administrasi  kependudukan agar terwujudnya pelaporan penyelenggaraan administrasi kependudukan yang berkesinambungan, terlaksananya evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang administrasi kependudukan, terwujudnya keseragaman tata cara pelaporan penyelenggaraan administrasi kependudukan dan terwujudnya bahan kebijakan Pemerintah dengan Pemerintah Daerah. Sebagaimana diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 68 Tahun 2012 tentang Cara Pelaporan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, dimana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota wajib melaporkan pelayanan administrasi kependudukan melalui penyusunan laporan harian kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi yang selanjutnya akan diteruskan ke Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Dalam menutup sambutannya Edi berharap rapat penyusunan laporan harian pelayanan administrasi kependudukan kabupaten/kota se Sumatera Utara ini dapat terlaksana dengan baik dan tidak ada data laporan harian pelayanan administrasi kependudukan yang tertinggal. #DisdukcapilProvsuBisa #DisdukcapilGoDigital


  INFO TERKAIT